Tips Memilih Notebook Second

Dana terbatas bukan masalah, alternatifnya adalah membeli sebuah notebook second.Namun sebelum memutuskan mengambil sebuah notebook second, ada baiknya anda mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.

  1. Casing, yang anda lihat secara langsung pertama kali tentu saja tampilan luar, yaitu casing. Pastikan mulusnya cat bukan karena dicat ulang. Karena ada beberapa kasus notebook dicat ulang oleh para penjualnya. Periksa juga apakah ada retak atau patah.terutama di bagian engsel layar.
  2. Baterei, umur baterei pada notebook second biasanya sudah berkurang, bahkan kadang hanya kuat menyalakan hanya setengah jam saja.Sebaiknya siapkan dana tambahan untuk membeli baterei baru.
  3. Harddisk. Komponen yang satu ini juga cukup rentan terhadap kerusakan. Lakukan tes ringan, nyalakan notebook, periksa harddisk dengan tool scandisk untuk mendeteksi bad sector.
  4. Layar. Pemeriksaan secara kasat sangat gampang. Bila terdapat flek di layar saat layar menyala, mungkin layarnya pernah dibersihkan dengan cairan kimia atau pembersih yang ternyata membuat flek di layar. Periksa juga tiap sudut apakah ada bagian yang hilang atau biasa disebut dead-pixel sehingga bagian yang ada deadpixel tak menampakkan warna seharusnya, jadi seperti berlubang. Pastikan layar tetap jernih.
  5. Port. Colokan-colokan perlu diperiksa.apakah ada yang soak atau patah.
  6. Garansi. Tanyakan ke penjual, garansi apa sajakah yang anda dapatkan dan lama garansinya. Biasanya para penjual memberikan garansi 1 bulan untuk sparepart dan 3 bulan untuk servis.
  7. Layanan Purna Jual. Ada penjual yang berani memberikan layanan purna jual notebook second yang anda beli, Layanan ini sangat bermanfaat nantinya saat anda ingin mengganti notebook anda ke versi yang lebih baru.
  8. Populer dan Tahan Banting. Pilihlah notebook dengan merek yang dikenal untuk kemudahan pencarian sparepart.
  9. Spesifikasi. Cari spesifikasi minimal yang tidak begitu ketinggalan hingga 2-3 tahun. Sehingga bila kelas akan dijual harganya tidak jatuh-jatuh amat.
  10. Sesuai Kebutuhan. Semua tips boleh anda gunakan, namun yang ini tetap tak boleh dilupakan. Kalau anda tidak terlalu mementingkan kecepatan, anda bisa memilih sesuai dana dan tingkat kebutuhan anda.

0 komentar:


 

Blogger Templates. Sponsored by Link Page Report Card